Jazz blues merupakan aliran musik
yang mengkombinasikan musik Jazz dan Blues .
Seperti halnya ragtime blues punya andil dan
pengaruh besar pada perkembangan Jazz . Amat expresiv didominasi gaya vokal yang tradisional, lagu
blues menampilkan cerita dan emosi dari Afro-Amerika diawal abad 20 . Blues tidak hanya tipe
musik tapi juga bentuk pola pikir dan jalan hidup bagi banyak Afro-Amerika
diera itu .
Rumit dan tersebar luas
keseluruh dunia yang pasti amat tidak kaku . Jazzy blues vokalis diakhir 40an
sampai awal 60an berpadu dengan instrumentalis jazz besar tahun 50an dan awal
60an . Perilaku seperti ini terus ditampilkan sampai sekarang dalam kebangkitan
seperti oleh Harry Connick Jr., Diana Krall dan Wynton Marsalis.
Lagu blues umumnya berisi kalimat dengan lirik 3
baris (three-line stanze) .
Baris pertama diulangi 2
kali rhytem yang ketiga membentuk bersama yang tadi (bentuk aab)
. Melody tampil biasanya pada pengembangan chord 12-bar berisikan tiga
bangunan chords pertama not keempat dan kelima diskala besarnya . Tiga chords
ini ditulis dengan huruf Romawi (I, IV, dan V) . Bentuk
suara yang nyata dari melody blues ada disebagian besar bagian yang seharusnya
menggunakan notasi diluar skala besar pada umumnya disebut "blue notes"
.
Salah satu tipe awal jazz
yang sering melakukan pergerakan repetisi harmoni [sebuah pergerakan chords]
berisi 12 bars dengan 44 yang mana di 4 bar pertama amat kuat (chord berdasar
pada nada pertama diskala dari tangga naa) . bar 5-8 kurang dominan (chord
berdasar pada nada keempat dari skala tangga nada) . bar 9-10 kembali dominan
(chord berdasar pada nada kelima dari skalanya) . dan bar 11-12 dimainkan
dengan kuat lagi . Blues ada dibagian pokok "blue" notes umumnya
dinada ketiga dan ketujuh diskalanya . Chords ketujuh sangat umum (chords
dengan kekuata ketiga, dominan dan note ketujuh) sebagaian penggunaan dari
belokan pola titi nada . Blues cenderung lebih lambat dan kadang berkharakter sedih . Aslinya blues dimainkan
dengan jumlah instrumen yang sedikit sekali . Diwaktu sekarang bisa jadi
instrumental lebih banyak .. Blues pertama yang dupublikasikan adalah Memphis Blues oleh bapaknya blues, W.C. Handy .
Terminologinya juga merujuk
semua lagu yang menerapkan perubahan chord blues 12-bar yang dimainkan dengan
gaya jazz dibanding dengan gaya tradisional blues . Musik Blues mempunyai
pengaruh besar pada perkembangan jazz dan seperti komposisi -- "jazz
blueses" – amat sangat umum di repertoar repertoar jazz . (Dipenambahan
pada progresi chord pemusik jazz meminjam banyak alat & teknik dari gaya
blues seperti blue note susunan melodi seperti blues dan blues riffs
(celahpatahan)) . Jazz blues akan sering menampilkan sesuatu yang lebih rumit
atau dengan kata lain cara memperlakukan harmoni lebih rumit dibandingthan
blues tradisional . tapi ciri dasar dari progresi 12-bar standar masih dapat
terlihat . Satu cara yang umum digunakan musisi jazz menyempurnakannya melalui
penggantian chord sebuah chord diperubahan aslinya dapat digantikan satu atau
lebih chords dengan yang serasa atau fungsi tapi yang ditambahkan suatu warna
yang lain atau hanya menambahkan saja (jadi secondari gitulah) singkat katanya
pergerakan harmoni dalam semua rentang dari semua pergerakan harmoni yang ada .
(Contoh penting dari dari
bar ke 9 dan ke 10 dimana biasanya pergerakan blues V --> IV, hampir pasti
digantikan oleh gaya jazz dari perubahan cycle-of-fifths . ii minor --> V .
Bentuk bar blues ke 12 di Bb sering menjadi Bb7 Eb7 Bb7 Bb7
Eb7
Edim7 Bb7 Dm7-G7
Cm7
F7 Dm7-G7 Cm7-F7
Ketika tiap potongan
mewakili ketukan baru, pada jazz blues. Perubahan penting termasuk Edim7, yang
mengkreasikan pergerakan, dan iii-VI-ii-V berubah secara halus, bahan penting
bagi jazz.)
Umumnya vokalis blues menemani dirinya
sendiri dengan gitar atau bernyanyi dengan
didampingi instrument seperti gitar, piano, harmonica atau kadangkala instrumen
buatan sendiri . Penampilan Blues dengan trumpet atau saxophone sebagai contoh sering
menirukan efek vokal dari penyanyinya dengan menekuk pola titiannya serak-kasar
dan memproduksi geraman dari suara .
Musisi blues penting diawal
abad 20 termasuk Ma Rainey, Bessie Smith, dan W.C. Handy.
Awal dari banyak gaya
musikal popular dapat ditarik kebelakang ke "blues." . Perkembangan
dari pengalaman Afro-Amerika awal pengaruh bentuknya berakar dari macam macam
musik Amerika dari paduan suara gaya gospel
dan gaya penyanyi bar didaerah selatan Amerika
tentunya keawalnya jazz R&B, rock and roll, dan gaya pop yang
ngetrend sekarang . Blues, melewati batas dari generasi ke generasi terus
melalui tradisi "oral" awalnya bertindak sebagai musik
fungsionil kendaraan Afro-Amerika untuk menyampaikan pengalaman mereka . Bentuk
awal dari blues termasuk "field holler" yang memberikan buruh
dilapangan untuk tetap kontak antar sesamanya ketika "ring shout"
sebagai pengiring jojing .
W.C. Handy, dikenal sebagai bapaknya
blues (Father of the Blues) meluncurkan "Memphis Blues" tahunn
1912 menjadi komposisi pertama yang menampilkan
blues dalam judulnya . Handy banyak menulis lagu klasik blues termasuk
"Beale Street Blues" "Yellow Dog Blues" dan "St. Louis
Blues" . Blues menghasilkan banyak secara komersial tahun 1920 ketika
vokalis Mamie Smith merilis "The Crazy
Blues" menjadi sangat sensasional . Dari Smith — Bessie — yang lain (tidak
berhubungan) bisa disebutka "Empress of the Blues" berdasar pada
album pertamanya tahun 1923 yang menyumbang sejumlah masterpieces dari
awal blues yang menyebabkan keranjingan .
Diakhir 1920-an dan 1930-an, Lonnie Johnson menjadi gitaris modern
blues . Permainannya mempengaruhi gaya Delta Blues style dari Robert Johnson
seperti T-Bone Walker Clarence "Gatemouth" Brown, dan B.B. King . Tambahan referensi hasil
kerjanya dengan legenda seperti Louis
Armstrong
dan Duke Ellington sama baiknya juga album
duetnya dengan gitaris Eddie Lang mempengaruhi gaya jazz gitaris termasuk
Charlie Christian . Muncul selama tahun 1940an "jump blues"
menggabungkan upbeat gaya piano boogie-woogie lirik yang cerdas, dan alat musik
tiup yang menghentak berbeda dari era big band Artiss seperti saxophonis dan
vocalis Louis Jordan melebarkan kependekatan popular dari blues . Penekana
tambahan pada lead vokal . lompatan dari perkembangan blues seringkali juga
masuk ke "rhythm and blues" (R&B) dari era 1950an yang
terpengaruh gaya "rock and roll" dari Chuck Berry dan Bill Haley
(Ingat Haley & his Comets) . Di 60an, dengan penambahan akar gospel R&B
berkembang menjadi musik "soul" dengan grup grup termasuk James Brown
dan Sly and the Family Stone .
Tahun 1950an dan 60an
perkembangan populeritas dari Chicago Blues dengan artis termasuk Muddy Waters,
Junior Wells, Buddy Guy, dan Willie Dixon . Gitaris seperti Jimi Hendrix dan
Eric Clapton mencampurkan gaya blues dengan musik rock 1960an mempengaruhi
generasi mendatang dari artis pop dan blues . Artis blues yang sangat penting
di era 80an dan 90an termasuk Stevie Ray Vaughn, Robert Cray, Lucky Peterson,
Robben Ford, Dr. John, Mighty Mo Rodgers, dan Joe Louis Walker.
Nada Melodic minor scale atau jazz melodic minor scale merupakan nada 'note' ke 6 dan ke 7 yang dinaikan setengah langkah pada tangga nada Minor. Untuk Belajar mengenai Melodic Minor Scale memang sedikit susah karena kita harus bener bener pahammusti paham tangga nada mayor dan tangga nada minor dulu baru bisa menguasai atau dengan mudah mempelajari Melodik minor scale ini.
Jika di tulis dengan Rumus Jaraknya sebagi berikut 1, 1/2, 1, 1, 1, 1, 1/2
Contoh tangga nada melodic minor:
A Melodic minor = A B C D E F# G#
C Melodic Minor = C D Eb F G A B
Ini adalah daftar nada dan chord yang dihasilkan dari harmonisasi A melodic minor
I=ACEG#= 1 b3 5 7 = Minor Major 7
II=BDF# A= 1 b3 5 b7 = Minor 7
IIIb=CEG#B= 1 3 #5 7 = Mayor 7 (#5)
IV=DF#AC= 1 3 5 b7 = Dominant 7
V=EG#B D= 1 3 5 b7 = Dominant 7
VI=F#ACE= 1 b3 b5 b7 = Minor 7 b5
VII=G#B DF#= 1 b3 b5 b7 = Minor 7 b5
Cara menyusun modes dari melodic minor scale yaitu dengan merubah root scalenya tanpa merubah susunan jarak melodic minor scale itu sendiri.
contoh penyusunan modes dari A melodic minor di bawah ini
A B C D E F# G# =Melodic Minor
B C D E F# G# A =Dorian b2
C D E F# G# A B =Lydian #5
D E F# G# A B C =Lydian b7
E F# G# A B C D =Mixolydian b6
F# G# A B C D E =Aeolian b5
G# A B C D E F# =Super Locrian
Melodik minor scale berbeda dengan harmonic minor, yang penggunaanya terbatas namun memiliki suara yang eksotik. Lalu apa fungsi dan keguanaan melodic minor??.
No comments:
Post a Comment